7.4.08

Perubahan Kelamin Laki-laki Menjelang Dewasa

Munculnya dorongan seksual pada remaja dipicu oleh perubahan dan pertumbuhan hormon kelamin sebagai akibat dari kematangan mental dan fisiknya. Secara garis besar perubahan itu menurut Akhmad Azhar Abu Miqdad (1997), terdapat pada kelamin primer, kelamin sekunder dan kelamin tertier.
a. Tanda perubahan kelamin primer
Tanda perubahan kelamin primer dimulai dengan berfungsinya organ-organ genetal yang ada, baik di dalam maupun di luar badan atau berfungsinya organ tertentu yang erat kaitannya dengan persetubuhan dan proses reproduksi.
Perubahan ini jika terjadi pada laki-laki ditandai dengan mulai keluarnya air mani (sperma) saat mimpi basah. Sedangkan pada perempuan ditandai dengan menarche atau haid pertama kali. Mulai berfungsinya organ seksual tersebut akan diikuti dengan kesiapan organ tersebut untuk membuahi dan dibuahi (hamil).

b. Tanda perubahan organ sekunder
Kelamin sekunder adalah organ tubuh tertentu yang tidak ada hubungannya dengan proses pembuahan atau proses reproduksi. Pada laki-laki perubahan ini ditandai dengan:
1. Perubahan suara (membesar dan sedikit parau).
2. Bidang bahu melebar.
3. Sering mimpi basah.
4. "Perubahan" penis jika ada rangsangan seksual.
5. Mulai tumbuh bulu-bulu pada organ tertentu (ketiak, dada dan sekitar kelamin).
Sedangkan pada perempuan, perubahan organ sekunder ini ditandai dengan:
1. Suara lebih bagus (halus).
2. Kulit muka dan sekitar badan halus dan kencang.
3. Bidang bahu mengecil, sedangkan bidang pinggul membesar.
4. Buah dada mulai membesar.
5. Tumbuh bulu-bulu di sekitar ketiak dan alat kelamin.
6. Alat kelamin membesar dan mulai berfungsi.

c. Tanda perubahan pada organ tertier
Tanda perubahan organ tertier ini ada hubungannya dengan psikis. Yaitu laki-laki nampak kelelakiannya dan wanita nampak kewanitaannya dalam segala gerak tubuhnya. Intinya laki-laki dan perempuan memiliki kekhasan tersendiri yang bisa membedakan keduanya.

Secara garis besar perubahan organ ini pada laki-laki adalah ada kecenderungan untuk menarik lawan jenis (aktif) dan kecenderungan untuk hubungan seksual. Sedangkan pada perempuan sebaliknya, ia cenderung pasif tapi tetap ingin diperhatikan lawan jenisnya.

Sumber Masalah Seks Remaja
Perilaku negatif remaja terutama hubungannya dengan penyimpangan seksualitas, pada dasarnya bukan murni tindakan diri mereka saja, melainkan ada faktor pendukung atau mempengaruhi dari luar (faktor eksternal). Faktor-faktor yang menjadi sumber penyimpangan tersebut adalah:

Pertama, kualitas diri remaja itu sendiri seperti, perkembangan emosional yang tidak sehat, mengalami hambatan dalam pergaulan sehat, kurang mendalami norma agama, ketidakmampuan mempergunakan waktu luang, tidak mampu dalam mengatasi masalah sendiri, berada dalam kelompok yang tidak baik, dan memiliki kebiasaan negatif terutama di rumah atau kurang disiplin dalam menjalani kehidupan di rumah.

Kedua, kualitas lingkungan keluarga yang tidak mendukung anak untuk berlaku baik seperti, anak kurang bahkan tidak mendapatkan kasih-sayang berarti akibat kesibukan kedua orangtua di luar rumah, dan pergeseran norma keluarga dalam mengembangkan norma positif seperti tidak adanya pendidikan dan kebiasaan melakukan norma agama. Di samping itu keluarga tidak memberikan arahan tantang seks yang sehat.

Ketiga, kualitas lingkungan yang kurang sehat, seperti lingkungan yang tidak ada pengajian agama dan lingkungan masyarakat yang telah mengalami kesenjangan komunikasi (gap) antar tetangga.

Keempat, minimnya kualitas informasi yang masuk pada remaja sebagai akibat globalisasi. Akibatnya anak remaja sangat kesulitan atau jarang mendapatkan informasi sehat dalam hal seksualitas. Bahkan justru media massa kini terutama media remaja cenderung mengutamakan bisnis dengan lebih banyak mengekspose seksualitas yang tidak sehat dengan mengesampingkan pendidikan moral.

Dengan demikian, penyimpangan seksual remaja sampai kapan pun akan tetap menggejala sebelum terpecahkan empat masalah tersebut di atas. Terutama kehidupan agama di lingkungan keluarga, mengingat masalah masyarakat berawal dari masalah di keluarga.

Tidak ada komentar:

Bila Jodoh tak Kunjung Datang

Maksud hati memeluk gunung apa daya tangan tak sampai. Garis hidup setiap orang berbada. Sesuatu yang diharapkan kadang hanya tinggal kenangan. Sebaliknya yang tak diharapkan justru datang lebih awal. Jodoh, adalah hal yang cukup pelik bagi sebagian orang. Tapi jangan larut dalam kegalauan, teruslah mencari solusi. www.geloracinta.com bisa jadi solusi untuk Anda. Simak dengan segenap kejujuran.

www.geloracinta.com